Kurikulum 2013 untuk jenjang sekolah dasar (SD) dan sederajat,
rencananya akan menggunakan metode tematik integratif. Metode ini
sebenarnya bukan hal baru bagi guru SD. Di kurikulum sebelumnya pun,
untuk kelas rendah seperti kelas satu, dua dan tiga sudah menggunakan
metode pembelajaran tematik.
Dalam metode tematik integratif, materi ajar tidak disampaikan berdasarkan mata pelajaran tertentu, melainkan dalam bentuk tema-tema yang mengintegrasikan seluruh mata pelajaran. Metode ini sudah diterapkan di banyak sekolah. Karena dinilai berhasil, pemerintah lalu mengadopsi dan berencana menerapkan metode ini secara nasional.
Dalam metode tematik integratif, materi ajar tidak disampaikan berdasarkan mata pelajaran tertentu, melainkan dalam bentuk tema-tema yang mengintegrasikan seluruh mata pelajaran. Metode ini sudah diterapkan di banyak sekolah. Karena dinilai berhasil, pemerintah lalu mengadopsi dan berencana menerapkan metode ini secara nasional.
Metode tematik integratif adalah pembelajaran yang menggunakan tema dalam mengaitkan beberapa materi ajar sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna pada siswa. Tema adalah pokok pemikiran atau gagasan pokok yang menjadi pokok pembicaraan. Tema akan yang akan menjadi penggerak mata pelajaran yang lain.
Pada kurikulum baru SD masing-masing kelas akan disediakan banyak
tema. Umumnya tiap tingkatan kelas mempunyai delapan tema berbeda. Tema
yang sudah dipilih itu harus selesai diajarkan dalam jangka waktu satu
tahun. Guru yang menentukan atau memilih teknis pengajaran maupun durasi
pembelajaran satu tema.
Satu tema yang dipilih oleh guru dapat diintegrasikan pada enam mata
pelajaran wajib yang ditentukan yaitu Agama, PPKn, Matematika, bahasa
Indonesia, Seni Budaya dan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Kurikulum
baru SD ini menekankan aspek kognitif, afektif, psikomotorik melalui
penilaian berbasis test dan portofolio yang saling melengkapi. Elemen
perubahan kurikulum untuk jenjang SD secara umum adalah holistik
integratif berfokus pada alam, sosial, dan budaya.
Dengan adanya perubahan pendekatan pembelajaran pada kurikulum 2013,
maka ada penambahan sebanyak empat jam pelajaran per minggu. Metode tematik integratif
membuat siswa harus aktif dalam pembelajaran dan mengobservasi setiap
tema yang menjadi bahasan. Untuk kelas I-III yang awalnya belajar selama
26-28 jam dalam seminggu bertambah menjadi 30-32 jam seminggu.
Sedangkan untuk kelas IV-VI yang semula belajar selama 32 jam per minggu
di sekolah bertambah menjadi 36 jam per minggu.